Sabtu, 10 Juni 2017

Tutorial Cara Menentukan Arah Kiblat



*Tutorial Cara Menentukan Arah Kiblat*


Menggunakan peta bumi datar
Alat yang dibutuhkan
1. Peta Bumi Datar
2. Kompas (untuk menentukan arah Utara)
3. Seutas tali (benang)
4. Spidol (pulpen)

Caranya:

Bukalah peta bumi datar, gunakan spidol (pulpen) tandai pada peta daerah anda sekarang, dan tandai pula kota mekah (ka'bah)


Gunakan kompas untuk menentukan arah utara, atau jika anda sudah mengetahui arah Utara kompas tidak dbutuhkan. Menghadaplah ke arah utara, buatlah garis lurus ke utara.


Letakkan peta pada garis lurus tersebut, usahakan tengah-tengah peta (kutub utara) berada tepat diatas garis, putar peta sehingga daerah kita yg kita tandai berada di Selatan sejajar dg kutub utara, tarik benang dari tanda daerah kita ke tanda kota mekah.
Tarikan benang itulah merupakan arah kiblat.


Menggunakan peta bumi bola (globe)
Alat yang dbutuhkan
1. Peta bumi bola (globe)
2. Hp + fasilitas internet
3. Kompaa
4. Seutas tali (benang)
5. Spidol (pulpen)

Caranya :


Ambillah peta bumi globe, gunakan spodol (pulpen), tandai dipeta globe daerah tampat anda, dan tandai pula daerah kota mekah.


Simpan kembali peta globe anda (karena sudah tidak dibutuhkan). Ambillah smartphone bukalah situs yang memberikan informasi arah kiblat, cari arah kiblat daerah anda, catat.


Gunakan kompas, aturlah arahnya sesuai catatan arah kiblat tadi. Disitulah arah kiblatnya.



Mudah bukan??
Ketahuilah islam itu adalah agama yg mudah, mudah untuk dipahami dan mudah untuk dipraktekkan, baik oleh orang pintar maupun oleh orang bodoh. Bahkan oleh orang yg punya keterbelakangan mental sekalipun.

Wallahu a'lam.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: